Subscribe RSS
KABUPATEN KUTAI TIMUR Oct 18

A. IDENTITAS DAERAH

Kabupaten Kutai Timur berada di sisi timur pulau kalimantan. Kabupaten kutai timur berada di provinsi kalimantan timur. Kabupaten kutai timur berdiri pada tanggal 12 oktober 1999 hasil pemekaran dari kabupaten kutai yang sekarang dikenal dengan kabupaten kutai kartanegara. Mayoritas suku penduduk di kabupaten kutai timur sangat beragam. Mulai dari suku dayak, kutai, jawa, bugis, melayu dan masih banyak lagi.

karena kabupaten kutai timur merupakan destinasi transmigrasi dari daerah lain di seluruh indonesia. terdiri dari 18 kecamatan. Selain keberagaman suku bangsa, kabupaten kutai timur juga dikenal sebagai daerah yang kaya akan sumber daya alamnya. Mulai dari pertambangan batu bara, perkebunan kelapa sawit, peternakan, pengeboran minyak dan masih banyak lagi.

kpc

B. BUDAYA DAERAH

Karena Kabupaten Kutai Timur berada di pulau kalimantan, maka suku dan budaya yang terkenal adalah suku dayak. Suku dayak merupakan suku bangsa asli di pulau kalimantan. suku dayak terdiri dari banyak sub suku, diantaranya yaitu dayak kenyah, dayak basap, dayak abal, dayak benuaq dan masih banyak lagi. Ciri khas orang dayak yaitu  para perempuan yang memakai anting logam yang sangat berat dan berukuran besar sehingga telinga mereka sangat panjang menggantung ke bawah karena bertahun tahun memakai anting tersebut. Rumah adat dayak yaitu rumah lamin. sebagian orang dayak masih bertahan hidup di pedalaman pulau kalimantan dan jauh dari istilah globalisasi dan modernisasi.

C. MAKANAN KHAS DAERAH

Makanan khas kalimantan tidak begitu familiar di telinga kita karena memang tidak banyak macamnya. Dan sebagian besar berasal dari hasil sari laut. contohnya abon kepiting dan tentunya amplang yang sudah sangat mainstream di jadikan oleh oleh.

Category: DAERAH
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply » Log in